Chemistry Calculator

Tutorial Aplikasi Chemistry Calculator

Chemistry Calculator merupakan kalkulator sederhana khusus untuk kimia yang didalamnya tersedia berbagai macam bentuk pengkonversian, seperti mengkonversi mol ke massa atau sebaliknya, menghitung dengan rumus gas ideal, menghitung persen massa, molaritas pada saat pengenceran, menghitung densitas dan sebagainya. Sangat bermanfaat untuk membantu pembelajaran dengan materi perhitungan kimia (stoikhiometri), konsep mol dan perhitungan yang mengacu pada hukum dasar kimia. Hanya dengan mengentri data yang kita miliki, kita bisa mendapat hasil yang akurat, atau bahkan mencari sesuatu nilai yang belum diketahui. Chemistry Calculator ini dapat di download melalui sourceforge.net. Setelah didownload kemudianextract file. Kemudian buka, akan nampak tampilan sebagai berikut :

kemudian kita bisa memilih menu Equation ataupun Conversions sesuai dengan apa yang akan kita butuhkan.

Pada submenu Density kita dapat menghitung massa, massa jenis ataupun volume tergantung dengan apa yang kita ingin cari. Tinggal masukkan data dan akan didapat hasil sesuai yang anda harapkan.

ada submenu Dilution kita dapat menghitung molaritas ataupun volume dengan rumus pengenceran yaitu M1 x V1 = M2 x V2. Tinggal masukkan data yang anda ketahui dan akan didapat hasil sesuai yang anda harapkan.

Pada submenu Mass Percent kita dapat menghitung persen massa, massa pelarut ataupun massa zat terlarut. Tinggal masukkan data yang anda miliki dan akan didapat hasil sesuai yang anda harapkan.

Pada submenu Ideal Gas Law kita dapat menghitung tekanan, volume, mol ataupun temperatur dari suatu persamaan gas ideal. Tinggal masukkan data yang anda miliki dan akan didapat hasil sesuai yang anda harapkan.

Pada submenu Percent Composition kita dapat menghitung persen komposisi dari berbagai unsur sekaligus. Tinggal memilih nsur apa yang ingin kita cari persen komposisinya kemudian masukkan data yang anda miliki dan akan didapat hasil sesuai yang anda harapkan.

Pada menu Conversions, kemudian gram and mole conversions maka kita dapat mengkonversikan massa (gram) ke mol ataupun sebaliknya. Tinggal masukkan data yang anda miliki dan akan didapat hasil sesuai yang anda harapkan.