Chemdraw

Tutorial Aplikasi Kimia Chemdraw
CHEMDRAW
Chem Office merupakan salah satu software yang digunakan untuk membuat struktur kimia dengan mudah. Sofware ini banyak memilki kelebihan untuk mempermudah kita menggambar rumus kimia. Untuk menggambar rumus molekul kimia Chem Office menyertakan Chem Draw dan Chem 3D.
Aplikasi Chemdraw merupakan software kimia dari produk Cabridgesoft.inc. ChemDraw memiliki banyak fungsi, diantaranya membuat nama dan struktur senyawa, membuat struktur streokimia dengan benar dari nama kimia, menghitung rumus molekul dan berat molekul, dan mendapatkan nama IUPAC dengan akurat dari struktur. Perkiraan spektra NMR dari struktur suatu senyawa dengan atom langsung dengan korelasi spektral. Selain itu, ChemDraw dilengkapi dengan peringatan jika terjadi kesalahan dalam pembuatan struktur kimia. Peringatan tersebut biasanya berwarna merah dan mengelilingi bagian struktur yang salah.
Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Dalam pengoperasian aplikasi ini dapat dikatakan tidak sulit, dan disini saya akan menjelaskan langkah demi langkah pengoperasian aplikasi ini. Pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat pemodelan struktur senyawa N-(4-hydroxyphenyl) ethanamide atau yang biasa disebut parasetamol dengan menggunakan Chemdraw. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Buka aplikasi Chemdraw yang telah diunduh dan diinstall dengan cara klik icon Chemdraw .
2. Tampilan yang awal muncul pada aplikasi Chemdraw adalah seperti berikut.

3. Untuk memulai membuat senyawa N-(4-hydroxyphenyl) ethanamide atau yang biasa disebut parasetamol, yang pertama dilakukan adalah klik icon solid bond pada toolbook sebelah kiri.
4. Selanjutnya gambarlah membentuk struktur parasetamol dengan cara klik mouse kiri tahan lalu geser, akan akan didapatkan tampilan sebagai berikut.

5. Selanjutnya tambahkan ikatan rangkap dengan terlebih dahulu klik icon pada toolbook sebelah kiri, kemuadian sesuaikan posisi rangkap dua dari struktur senyawa parasetamol tersebut, maka akan didapatkan tampilan sebagai berikut.

6. Selanjutnya adalah mengganti jenis atom karena semua standar penulisan pada ChemDraw ini menggunakan atom karbon. Caranya yaitu dengan menggunakan icon pada toolbook sebelah kiri, lalu double klik pada bagian yang kita inginkan untuk diubah lalu mengisinya dengan nama senyawa yang diinginkan dengan menggunakan huruf capital seperti pada tampilan berikut.

7. Struktur parasetamol telah selesai dibuat. Tampilan struktur parasetamol 2D yang berhasil dibuat yaitu sebagai berikut.

8. Jika kita ingin merubahnya menjadi 3D dengan menggunakan toolbox baji hitam. Dengan itu kita nantinya akan mendapatkan stereokimia dari senyawa tersebut. Fasilitas lain yang ada dalam ChemDraw ini adalah simulasi NMR 13C dan 1H. Cukup mudah bukan?
Selamat Mencoba!