Aplikasi Kimia Untuk Hukum Dasar Kimia dan Konsep Mol

1. General Chemistry Course App
Mengambil pengantar kimia, atau membutuhkan referensi kimia cepat?

Kemudian Anda perlu Wolfram Kimia Umum Kursus Asisten.
Ini aplikasi yang komprehensif untuk kimia akan membantu
Anda dengan cepat memecahkan masalah pekerjaan rumah Anda,
ace tes Anda, dan kuis pemahaman Anda tentang
konsep-konsep kimia dasar sehingga Anda siap untuk kursus Anda.
Lupakan contoh kaleng! The Wolfram Kimia Kursus Asisten
memecahkan masalah kimia spesifik Anda on the fly.
Aplikasi ini mencakup topik-topik berikut berlaku untuk Kimia Pengantar,
Kimia Umum, dan AP Kimia:
– Menentukan sifat-sifat unsur, bahan kimia, dan ion
– Hitung sifat gas dengan menggunakan berbagai hukum gas
– Melakukan konversi stoikiometri untuk solusi
– Saldo persamaan
– Hitung entalpi, konstanta kesetimbangan, dan hasil teoritis reaksi
– Melakukan lebih dari 45 perhitungan yang berbeda
Wolfram Kimia Umum Kursus Asisten ini didukung oleh Wolfram |
Alpha mesin pengetahuan komputasi dan dibuat oleh Wolfram Research,
pembuat Mathematica-dunia sistem perangkat lunak terkemuka untuk penelitian dan
pendidikan matematika.
The Wolfram Kimia Umum Kursus Asisten mengacu pada kekuatan
komputasi dari Wolfram | Alpha superkomputer atas 2G, 3G, 4G, atau koneksi Wi-Fi.
dapatkan aplikasi ini silahkan download disini :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wolfram.android.chemistry
2. The Mol Concept App

Dengan aplikasi ini kita dapat menghitung sejumlah besar kelompok-kelompok ini (mol) dari partikel yang sangat kecil seperti atom. Aplikasi ini secara visual menarik dan informatif sama akan memperkenalkan Anda dengan metode yang paling dasar yang digunakan untuk menghitung jumlah partikel dalam kimia berasal dari konsep mol. Pelajari tentang angka ajaib yang disebut bilangan Avogadro dikemukakan oleh seorang ilmuwan Italia Amedeo Avogadro. Setelah penelitian panjang Avogadro disimpulkan bahwa satu mol zat mengandung 6.023X 10 pangkat 23 jumlah partikel. Anda juga akan menemukan hal menarik untuk mengetahui bahwa pada suhu dan tekanan standar, 1 mol setiap gas menempati sekitar 22.4L atau 22,4 decimeter kubik ruang.
Aplikasi ini memfasilitasi pemahaman yang mudah dari metode melalui
visual menarik nya.Ambil kuis menantang untuk menilai
pengetahuan Anda pada topik dan menavigasi melalui berbagai
alat belajar lainnya untuk memperluas wawasan Anda.
Seperti biasa aplikasi ini Designmate konsep Mole pasti akan
membuat Anda belajar pengalaman yang menyenangkan.
silahkan download disini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dm.mole

Kata kunci: kimia, massa atom, volume gas yang molar, Avogadro number.eureka.in, designmate,
ilmu
http://www.designmate.com/eula.html

3. McDalton (Mass Calculator Dalton)

McDalton merupakan program freeware kimia yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows. Program-program ini dibuat untuk membantu pembelajaran kimia menjadi menyenangkan, baik bagi guru maupun bagi siswa. Karena program ini sangat berguna pada materi perhitungan kimia dan juga hukum – hukum dasar kimia. Materi yang dapat difasilitasi dengan software ini adalah untuk perhitungan molar atau formula massa. Dalam program ini ada tidak dibuat aturan khusus untuk mengetik rumus kimia. Cukup ketik mereka seperti biasa. Tidak ada yang ekstra untuk belajar dan mengingat. Hal ini diperjelas dengan contoh-contoh di jendela program McDalton Learning Edition ditampilkan pada halaman ini. Software kimia ini sengaja dikembangkan karena tidak banyak program freeware atau shareware dari jenis yang sama sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah atas. Dalam perkembangannya ada dua edisi McDalton.McDalton Learning Edition 1.0

Jendela Belajar EditionThis adalah program komputer freeware , yang dirancang khusus untuk tujuan belajar , untuk menghitung molar atau formula massa . Untuk alasan ini perhitungan akan ditampilkan bersama dengan hasilnya . Kebanyakan buku teks mencakup tabel massa atom dengan nilai-nilai dibulatkan menjadi satu atau dua desimal. Untuk kompatibilitas dengan jawaban pada contoh-contoh yang diberikan dalam buku-buku teks McDalton Learning Edition termasuk pilihan untuk menggunakan sejumlah tetap desimal. Hal ini juga dapat bermanfaat pada peningkatkan pembacaan output. Rekomendasi oleh The Inte
Tampilan untuk McDalton Edition 1.0 adalah sebagai berikut :

McDalton Professional Edition 1.0

Ini adalah program komputer freeware dan shareware, yang dirancang untuk penggunaan profesional. Dalam program ini ketidakpastian dalam massa molar dihitung diberikan sebagai kesalahan maksimum absolut hasilnya. Ketidakpastian dihitung selalu dibulatkan sampai satu angka signifikan. Hal ini dibulatkan karena jika tidak dapat terjadi sebagai diremehkan. Kemudian massa molar dibulatkan dengan akurasi mutlak yang sama seperti yang diberikan dalam ketidakpastian bulat . Jendela Profesional EditionAn contoh akan membuat ini jelas .Massa molar untuk PbO dihitung sebagai 207,2 + 15,9994 = 223,1994 dan ketidakpastian dalam massa molar dihitung sebagai 0,1 + 0,0003 = 0,1003. Satu-satunya tokoh penting dalam ketidakpastian adalah desimal pertama dan karena itu massa molar diberikan sebagai 223.2 ± 0.2 yang merupakan nilai terbaik dan tentu saja ketidakpastian dibulatkan seperti yang dijelaskan sebelumnya. Berikut adalah tampilan untuk McDalton Professional Edition 1.0.

Catatan

Menurut konvensi internasional dan untuk tujuan belajar rumus kimia diformat seperti CuSO4 · 5H2O dan tidak seperti CuSO4 5H2O * seperti di banyak aplikasi lain .
Dalam Edisi Belajar nomor terkemuka seperti 2Na tidak diperbolehkan. Hal ini karena siswa sering cenderung untuk memasukkan koefisien dari rumus reaksi kimia dalam perhitungan mereka. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam studi mereka di kemudian hari. Tidak ada batasan semacam ini di Professional Edition karena beberapa rumus kimia benar-benar mulai dengan angka. Untuk tujuan keamanan dan belajar elemen harus dimasukkan dalam kapitalisasi yang tepat. Misalnya Co berarti Cobalt sementara CO berarti Karbon dan Oksigen.

Panduan Download

Untuk menjalankan program ini pada versi Windows Anda harus memiliki Visual Basic 6.0 SP5 : Run -Time Redistribusi Pack diinstal pada komputer Anda . Proses instalasi sederhana .Ikuti langkah di bawah ini 1 . Kemudian ikuti langkah 2 untuk McDalton Learning Edition atau langkah 3 untuk McDalton Professional Edition yang akan diinstal .
Jika versi Windows Anda lebih tua dari XP kemudian men-download Visual Basic 6.0 SP5 : Run -Time Redistribusi Pack ( VBRun60sp5.exe ) dari Microsoft Download Center. Jalankan saja sekali .
Ambil setupmdl.exe dan menjalankannya sekali. The McDalton Learning Edition 1.0 berjalan pada Windows 9x, Me, 2000, NT, XP dan Vista .
Ambil setupmdp.exe dan menjalankannya sekali. The McDalton Professional Edition 1.0 berjalan pada Windows 9x, Me, 2000, NT, XP dan Vista.
Atau dapat pula klik disini
Untuk yang tertarik dan ingin mempelajari McDalton sebagai salah satu media pembelajaran, silahkan download handbook dibawah ini :
McDalton Learning Edition
McDalton Professional Edition

Source by :
http://www.chem4free.info/mcdalton/

4. Chemistry Calculator
Chemistry Calculator merupakan kalkulator sederhana khusus untuk kimia yang didalamnya tersedia berbagai macam bentuk pengkonversian, seperti mengkonversi mol ke massa atau sebaliknya, menghitung dengan rumus gas ideal, menghitung persen massa, molaritas pada saat pengenceran, menghitung densitas dan sebagainya. Sangat bermanfaat untuk membantu pembelajaran dengan materi perhitungan kimia (stoikhiometri), konsep mol dan perhitungan yang mengacu pada hukum dasar kimia. Hanya dengan mengentri data yang kita miliki, kita bisa mendapat hasil yang akurat, atau bahkan mencari sesuatu nilai yang belum diketahui. Chemistry Calculator ini dapat di download melalui sourceforge.net.
5. Tmol (Molecul Weight Calculator)
Ini adalah program kecil untuk perhitungan berat molekul dari rumus molekul. Fitur yang disertakan dalam perangkat lunak ini adalah: perhitungan berat molekul dari rumus molekul dan perhitungan komposisi unsur, menghitung berat badan (gram) ke mmol dan konversi viceversa, menghitung berat reagen untuk seluruh reaksi. IUPAC direkomendasikan (1999) berat atom standar digunakan. Untuk unsur-unsur radioaktif massa atom isotop berumur panjang digunakan. Pertama 103 elemen disertakan. Standar notasi rumus diterima. C6H6O adalah legal sementara c6h6o tidak diakui sekarang. Kurung didukung. CuSO4 (H2O) 5 sama dengan CuSO9H10.
anda dapat memperolehnya di : http://download.cnet.com/Molecular-Weight-Calculator/3000-2054_4-10380821.html

6. QUICCHEM-PYSIDE
Quichem-Pyside digunakan untuk mengurai rumus kimia dan persamaan dengan cara mudah.
Pada materi hukum dasar kimia, anda diharapkan untuk dapat menyetarakan suatu reaksi kimia
terlebih dahulu agar dapat melanjutkan proses penghitungan berdasarkan hukum – hukum
dasar kimia yang ada.
Quichem-pyside adalah software sederhana dan mudah digunakan,aplikasi yang sengaja
dirancang untuk membantu Anda mengurai rumus kimia, tanpa harus menekan
kombinasi tombol. Penggunaannya sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan rumus kimia
Anda ingin olah dan aplikasi akan menghasilkan persamaan yang sesuai, dalam mode teks biasa,
tampilan LaTeX dan kode HTML, untuk membantu Anda menyertakan persamaan di website Anda.

Mudah sekali bukan ?
Aplikasi ini ada di www.softpedia.com. Anda hanya perlu mendownload disana dan
melakukan penginstalan. Quichem-Pyside siap untuk digunakan 🙂

Sumber :
http://www.softpedia.com/get/Science-CAD/quichem-pyside.shtml

7. Qmol 0.4.1.1
Teknologi yang semakin canggih menuntut segalanya serba instan,
tak terkecuali dalam belajar kimia. Aplikasi sederhana dan user-friendly ini
memiliki kegunaan untuk menghitung massa molekul atau atom. Dikembangkan sebagai
bagian dari open source software, qmol memungkinkan Anda untuk menghitung berat
molekul dan komposisi unsur dari suatu rumus molekul. Langkah yang harus Anda lakukan
adalah masukan rumus kimia Anda ingin program untuk menghitung. Selain itu, qmol
memungkinkan Anda untuk menambahkan dan mendefinisikan simbol kelompok
kustom Anda sendiri. Aplikasi ini khusus dipasang pada Sistem Operasi Windows,
sehingga tidak kompatibel untuk Max ataupun Linux. Buat yang mau download software
ini bisa kunjungi laman berikut

sumber : http://www.softpedia.com/get/Science-CAD/Mitterfellner-qmol.shtml

Nah ini ada screenshoot dari Qmol 0.4.1.1 ^^

8. E.B.A.S (Equation Balancing and Stoichiometry) calculator 1.1.0.0
Menyeimbangkan suatu persamaan kimia yang mudah dan perhitungan stoikiometri dan massa molar zat, perhitungan hanya dengan memasukkan rumus senyawa. EBAS merupakan kalkulator untuk menyetarakan Persamaan Kimia dan Stoikiometri yang dirancang untuk membantu Anda dalam perhitungan yang memakan waktu yang mungkin Anda hadapi dalam praktek kimia sehari-hari. EBA menggunakan metode numerik umum untuk menyeimbangkan persamaan kimia, memecahkan set persamaan menggambarkan massa dan muatan keseimbangan .
Berikut adalah beberapa fitur kunci dari “EBAS – Kalkulator Penyetara Persamaan dan Stoikiometri” :
Menyeimbangkan persamaan kimia yang dapat diseimbangkan , tidak peduli seberapa besar
Mencari tahu massa molar zat hanya dengan memasukkan rumus senyawa.
Mencari reagen pembatas dengan hanya memasukkan jumlah zat yang telah diketahui.
Menghitung jumlah stoikiometri dari produk dan substrat ( bahkan jika Anda telah memasukkan jumlah zat yang telah diketahui, hasil perhitungan stoikiometri sudah ditampilkan pada layar ) .
Menggunakan database dengan cepat mengambil reagen formula ( meskipun Anda mungkin akan menemukan bahwa dalam banyak kasus itu lebih cepat untuk memasukkannya secara manual ) .
Menggunakan kalkulator konsentrasi dan kalkulator gas ideal untuk berbagai konversi (volume, konsentrasi, dan mol).
Mengkonversi persamaan kimia yang telah disetarakan ke dalam berbagai format (TXT, RTF, HTML, UBBC atau LaTeX) untuk digunakan pada aplikasi lain.
Mencetak ringkasan reaksi, terdiri atas semua informasi yang tersedia untuk referensi lebih lanjut .
Limitations :30 trial days

Link download : http://www.softpedia.com/get/Science-CAD/EBAS-Equation-Balancing-and-Stoichiometry-calculator.shtml

9. ChemBalance Wizard 32 v1.0
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk penyetara persamaan kimia dengan menggunakan aturan Laplace untuk memecahkan sistem persamaan linear atau menggunakan metode brute-force. Khembalancer 2.5.5 menerima “100% Gratis” penghargaan dan itu berarti Khembalancer tidak mengandung virus, spyware, trojan dan backdoors. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran kimia yang lebih mudah dan menyenangkan. Terutama sebagai pemula agar lebih menarik minat terhadap mata pelajaran yang di anggap sulit ini. Dengan Khembalancer kita dapat mengecek hasil penyetaraan reaksi yang telah kita buat. Aplikasi ini sangat membantu, mengingat penyetaraan reaksi merupakan awal dari perhitungan kimia. Berkaitan pula dengan hukum dasar kimia dan stoikiometri.

untuk info lebih lanjut silahkan download di : http://www.freewarefiles.com/ChemBalance-Wizard-V_program_122.html

10. Chemical Equation Expert 2.11
Chemical Equation Expert adalah alat yang terintegrasi bagi para profesional dan mahasiswa kimia . Anda akan menemukan pekerjaan yang rumit seperti menyeimbangkan persamaan kimia dan perhitungan terkait mudah dan bahkan menyenangkan. Berikut adalah beberapa fitur kunci dari ” Chemical Equation Expert ” :
Menyetarakan persamaan kimia yang rumit dlam waktu yang singkat
Sebuah mesin pencari persamaan yang memungkinkan kita menemukan sebuah persamaan atau membuat ringkasan jenis tertentu reaksi mudah
Menghitung mol massa senyawa dari persamaan dipilih secara otomatis .
Menggunakan koefisien Stoico – metrik
Menghitung jumlah / massa senyawa
Persyaratan pemakaian :
DirectX 8 atau lebih tinggi
Keterbatasan :
Jumlah reaktan atau produk terbatas sampai 3 macam dan fungsi perhitungan dinonaktifkan. Aplikasi ini dapat di download melalui www.softpedia.com

11. Chemix School v3.5

Chemix School adalah software yang bermanfaat dalam melakukan perhitungan dalam kimia. Dilengkapi dengan tabel periodik, molecular 3-D viewer, kalkulator, tabelkonversi, kamus istilah kimia, dan masih banyak lagi.
Hal ini dilengkapi dengan tabel periodik yang mengandung sejarah , 19 sifatfisik + jumlah isotopstabil , kelimpahan , massa atom , spin, frekuensi resonansi , relatif penerimaan, momen magnetik , saat quadropole dan rasio magnetogyric untuk semua isotop stabil . Juga termasuk sifat fisik lebih dari 2500 isotop stabil seperti :massa atom , paruh , mode peluruhan, energi peluruhan , partikel energi , intensitas partikel , berputar dan momen magnetik termasuk waktu 600 meluruh . Hal ini juga dilengkapi dengan 3 – D viewer molekul , kalkulator , curve fit , fungsi plot, manipulasi data, turunan , integral tertentu untuk satu dan dua funcions , ternary diagram fase plotter , biner diagram fase plotter , plot kecenderungan sifatfisik / kimia dari unsur-unsur , interpolasi spline , tabel konversi ( suhu, tekanan , energi , listrik , panjang dan massa ) , kelarutan grafik untuk senyawa anorganik yang digunakan dalam Analisis anorganik , kamus , dan kalkulator canggih untuk molekul ( Mol , massa dan massa % ) , termokimia , elektrokimia , lemah asam / basa / buffer , meja indikator asam-basa , kelarutan ( Ksp ) dan efek ion umum kalkulator , persamaan gas , alat tugas spektroskopi ( NMR H [ 1 ] C [ 13 ] , IR dan MS ) dan stoikiometri ( persamaan kimia Balancer yang juga menyeimbangkan persamaan kimia yang mengandung elektron bebas ).
Kalkulator, menghitung massa elektron dan bilangan Avogadro


Instalasi: jalankan file cmxsed35.exe, overwrite dengan crack yg disediakan

http://8retro.blogspot.com/2011/12/program-belajar-kimia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *